Copa del Rey Bakal Memakai Sistem Final Four Seperti Basket

Hal ini terungkap dari rapat LFP, pengelola kompetisi di Spanyol pada minggu lalu. Namun gagasan nyentrik ini belum tentu diterapkan karena masih sebatas wacana.
Saat ini, Copa del Rey masih menggunakan format tradisional. Semifinal menganut sistem gugur, dengan pertandingan home dan away. Dua tim yang lolos, bertemu di final yang diselenggarakan di tempat netral. Sebagai contoh, musim ini Barcelona akan bertemu Sevilla di final Copa del Rey 2016 yang diadakan di Vicente Calderon, kandang Atletico Madrid.
Namun dalam rapat LFP dengan perwakilan tim Primeda dan Segunda Division, ada opsi menarik, yaitu mengubah konsep semifinal dan final ini menjadi final four seperti yang terjadi dalam bola basket. Dengan demikian, pertandingan semifinal dan final akan digelar di satu kota yang sama, dan dalam rentang waktu seminggu.

Disebutkan oleh SPORT, ide ini disukai kebanyakan klub. Namun, bukan berarti tidak ada masalah. Pasalnya, fans sepakbola tentu saja lebih besar dibandingkan fans basket di Spanyol. Dengan demikian, kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara final four, harus memiliki kelayakan yang cukup untuk menampung puluhan ribu fans yang berasal dari empat tim berbeda selama seminggu.
Ide ini sendiri belum pasti digulirkan oleh LFP dan mendapatkan persetujuan oleh RFEF. Pasalnya, hubungan pimpinan kedua organisasi itu ibarat anjing dan kucing. Javier Tebas, presiden LFP dan Angel Maria Villar, ketua RFEF memang dikenal tidak akur.
Villar tidak akan mau menerima perubahan radikal dari Tebas, meskipun ide itu cemerlang. Hanya, jika Villar mendapatkan jabatan baru di UEFA atau FIFA -dengan demikian meninggalkan posnya di RFEF, kemungkinan ide LFP ini bisa berjalan.

coachsusaonlines.net totomini Sumber: Sidomi